Postingan

Audit Keuangannya Gereja

Gambar
Setelah sekian lama ngga nulis di blog, eh ada bahasan menarik 😄

Aku tertarik dengan artikel 22 Juli 2017 yang dibikin sama Bang Kolik: https://seword.com/umum/penting-kpk-masuk-gereja/
Aku membacanya tanggal 25 Juli 2017.

Artikel itu diawali dengan berita ketika Waka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata dalam sebuah seminar yang dilaksanakan Konferensi Wali Gereja Indonesia menyampaikan kalau gereja perlu untukmelakukan audit pada keuangannya.
Lebih lanjut, beliau menambahkan dengan informasi bahwa pihak Vatikan di bawah kepemimpinan Paus Fransiskus juga sudah mengundang pihak akuntan dan membicarakan hal-hal terkait audit keuangan Vatikan.





Disusul artikel tanggal 23 Juli 2017 oleh Meyliska Padondan: https://seword.com/umum/kenapa-banyak-yang-meradang-jika-gereja-diaudit-kpk/

Aku pribadi sangat setuju banget banget terhadap hal ini. Mau dilakukan oleh departemen auditnya sendiri, oleh pemerintah (bisa dibaca di artikel Meyliska Padondan, silahkan klik link-nya), atau mengunda…

Sinamot: Opportunity Or Threat?

Gambar
Bagi yang berasal dari suku Batak pasti tahu sinamot.
Well, at least garis besarnya lah.


Nulis tentang ini muncul ketika 2 saudaraku dalam waktu yang berdekatan (ngga sampe seminggu deh) bercerita tentang ini ke aku.



Sinamot adalah sejumlah uang yang disiapkan keluarga laki-laki untuk disampaikan/ diberikan kepada keluarga wanita dalam rangka persiapan pernikahan. Uang tersebut biasanya digunakan oleh keluarga wanita tersebut untuk keperluan resepsi pernikahan itu sendiri.
Bahasa bekennya mahar.



foto pernikahan Batak, tapi bukan yang dijadi'in cerita di sini ya hehehe


Tentu perlu dicapai kata sepakat mengenai jumlah uang yang akan diserahkan tersebut.
Untuk mencapai kata sepakat tersebut, digelarlah pembicaraan yang diadakan di rumah keluarga si wanita (calon mempelai wanita). 


Setelah diterima oleh keluarga si wanita, sinamot ini nantinya (selain untuk keperluan pernikahan) juga akan diberikan kepada abang/ adik daripada orang tua si wanita, lalu kepada Tulang atau saudara laki-laki dari…

Aku Yang Salah... Maafkan Aku

Gambar
Cuz i can realize the danger when forgiveness fades away.
(Bon Jovi: Lie To Me - These Days 1995)



Hari ini hari Jumat tanggal 7-7-2017.
Hari Jumat, bagi penganut Islam ada ibadah sholat Jumat. 
Hari yang indah untuk menulis tentang ini. 
Hari yang penuh angka 7. Angka 7 adalah angka yang disebut ketika Rasul Petrus bertanya pada Kristus (Isa) tentang berapa kali kita harus mengampuni orang yang bersalah kepada kita. Rasul Petrus bilang: "sampai 7 kali?"
Isa menjawab: "bukan sampai 7 kali, melainkan 70 kali 7 kali". 
Kata "70 kali" adalah "hebdomekontakis" dalam bentuk adverb yang artinya countless alias tak terhitung.



Ini adalah tentang pengampunan yang telah dan selalu Tuhan berikan kepada kita. 
Aku yakin sekali (berdasarkan pengalaman pribadi) kalau ampun-mengampuni, maaf-memaafkan ini sangat vital.
Banyak orang yang ketika fail dalam hal ini menjadi sangat menderita, hidup ngga tenang, kepikiran terus, kita jadi bisa sakit fisik juga, dll.


Ok 😊 mari k…

Silahkan Ngopi Di Tempat Lain?

Gambar
Lagi rame yaa seruan, ajakan, dan berita-berita seputar Starbucks.


Hal ini diawali dengan dukungan (dan endorse juga, busettt udah kya pemain bola aja) dari Executive Chairman Starbucks Mr Howard Schultz terhadap LGBT dan pernihakan sejenis. Aku pribadi tentunya kontra terhadap hubungan ataupun pernikahan sesama jenis dalam semangat tidak mengabaikan (sebagai sesama makhluk sosial) aspek mengenal dan membina hubungan yang kekeluargaan dan profesional dengan orang yang menjalani atau pernah menjalani hubungan sesama jenis.


Oh ya, ada sedikit yang perlu kita ketahui bersama. Ini sebenarnya sudah di tahun 2013 saat pertemuan para pemegang sahamnya mereka ya. Mr Schultz, yang saat itu masih CEO, mengatakan bahwa penolakan terhadap LGBT "bad for business". Ini berkaca pada kenyataan bahwa di tahun sebelumnya (2012), para pemegang saham tersebut mendapatkan return yang tinggi dari Starbucks (sebesar 38%). Makanya Mr Scultz mengatakan kepada para pemegang saham kalau ada perusahaan lain y…

Lucid Intervals And Moments Of Clarity

Gambar
Hahahahahahahahahahahahahahaha...
Aku bukannya sengaja mengawalinya dengan tertawa karena sampai sekarang kalau ingat kejadian itu, aku bisa tertawa sendiri.

Selasa tgl 27 Juni 2017 (setelah Lebaran hari ke-2) aku, Binaris, dan Efni mau nonton film Jailangkung di bioskop. Binaris membawa serta 2 ponakannya Bryan Julius Cesar dan Bramdo George Valentino.

Waktu itu aku pakai sendal adidas-ku yang kondisinya udah begini nih (gara-gara digigit Shalev anjing pitbull-ku):



Aku seneng aja sih memakainya. Ngapain malu, yang penting pede 😎

Aku ngga tau siapa yang pertama kali nyadar kalau sendalku begitu, tapi yang pertama nyeletuk adalah Efni. Dia mengucapkan apa yang Mamaku pernah bilang kalau aku pakai sendal itu. Mama bilang ke aku: "ya gimana mau laku... wanita mana yang mau ngelirik kalau pake sendal begitu". 😆


Eh si Binaris ketika dengar itu suddenly dia balik kanan dan air mukanya berubah sambil bilang kenapa aku pakai sendal itu, nanti dilihatin orang gimana, dan berujar "berapa …

Sick And Tired Of Being Sick And Tired

Gambar
Sekitar awal Juli 2015, George adikku yang bontot terkena cacar.
Setelah dia sembuh, awal Agustus gantian aku terkena cacar pertama kalinya dalam hidupku hahaha.

Aku belom sembuh eh aku nularin Diana (adikku, kakaknya George). Kawatir sih sebab saat itu, dia sedang hamil 3 bulan.

Aku masih ingat hari di mana Diana meminta George untuk mengantarnya ke RS. Aku bilang ke Diana, ayo kita remembering pengorbanan Kristus (Isa) di kayu salib dengan partaking in holy communion (perjamuan kudus). Holy Communion dalam kepercayaan kristen adalah memakan roti (lambang tubuhNya) dan anggur (lambang darahNya) sebagai remembrance (peringatan, mengenang) pengorbanan Isa di kayu salib.
Diana bilang klo dia ngga mau. Sebenarnya aku ragu melakukannya, tapi aku tetap melakukannya dan berdoa untuk kesembuhan kami berdua.


Saat mau mulai, pikiranku menerawang macem-macem...
Suara di hatiku bilang kalau aku bukan Pendeta, ngga boleh sembarangan melakukan itu. Well, aku diingatkan Tuhan: "do this in remembrance of …

Lebaran With You

Gambar
Malam ini malam takbiran.


Barusan balik dari nonton Transformers: The Last Knight.
Emang sih film ini adalah film Transformers terakhir sang sutradara Michael Bay dan tokoh utama prianya si Mark Wahlberg, tapi mudah-mudahan tahun ini bukan bulan Ramadhan terakhir kita semua.
Semoga masih dipertemukan dengan bulan Ramadhan tahun depan dalam kondisi sehat walafiat. 
Amin aminnnn 😊 


Tadi di jalan udah rame untuk takbiran.
Biasanya di sini pake pickup, ada juga pake truk bak kayu sambil bawa pengeras suara untuk menggemakan takbir.
Mending bentar aja yaa takbirannya supaya besok pagi menjalankan sholat Id lebih fresh dan khusyuk (ampe ngecek KBBI nih supaya ngga salah hehehe).



Pada kesempatan ini, aku mau mengucapkan:


Selamat Hari Idul Fitri 1 Syawal 1438 H kepada semua saudara-saudari.








Biarah aspek Ar-Rahman dan Ar-Rahiim menjadi sesuatu yang kita ingat terus sepanjang hidup kita. Aminnn ☺






My thoughts to mi familia: Jelita, Joni, Inanguda Nina, dan lainnya. 
My friends di mana pun berada dari sekol…

The Number Of The Beast (Not Be Self-Centered)

Gambar
Aku sering mengalami kejadian-kejadian yang kalau kata orang seperti sixth sense gitu lahhhh 😑
Bermula dari suatu kejadian sekitar 3 minggu yang lalu yang mana setelah kejadian itu (secara tidak sengaja) aku menemukan sebuah band dengan lagu yang ada hubungannya dengan kejadian tersebut.


Band-nya bernama Avenged Sevenfold (A7X).
(Sambil pasang headset dan memainkan lagu tersebut hahaha).



Aku mulai mencari tahu lebih lanjut dan karena gitar menjadi instrumen favofitku, maka aku mulai melihat gitaris dan gitar apa yang menjadi gear andalan mereka.
Kebetulan A7X berformasi 2 gitaris dan formasi 2 gitar ini adalah favoritku.


Kedua gitaris A7X  (Brian Elwin Haner Jr dan Zachary Baker) sama-sama di-endorse oleh gitar Schecter.
Menarik, terutama pada gitar Zachary. 
Pada body gitarnya tertulis angka "6661". Rada gimanaaa gitunya ngelihat 3 angka 6 hehehe.



http://fikar94university.blogspot.co.id/2011/11/foto-avenged-sevenfold-live-in-lbc-2008.html


Di laman wiki yang membahas Zachary (https:/…